Posted by on

Harga property di kota-kota besar di Australia

blogImgSample01

Setelah turun terus menerus selama hampir 2 tahun terakhir, harga property di kota-kota besar di Australia menunjukan peningkatan sebesar 2.6% pada kuartal pertama 2013. Darwin menduduki tempat pertama dengan kenaikan rata-rata sebesar 8% diikuti oleh Perth dengan 6% dan Sydney 3.6%. Property di Melbourne naik tipis sebesar 1.1%.

Kenaikan harga property diperkirakan akan terus berlanjut dengan adanya pengurangan suku bunga Bank Sentral ke level terendah selama beberapa dekade terakhir. Dengan harga property yang sudah turun jauh dan suku bunga yang sangat rendah, minat untuk membeli property mulai pulih kembali. Bagi pembeli luar negeri ada faktor positif tambahan, yaitu dollar Australia yang sempat melemah cukup signifikan.

Di sisi lain, perekonomian Australia sedang menunjukan pelemahan dengan berakhirnya booming komoditas yang menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi selama ini. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2013 turun menjadi 0.6% dari sebelumnya 0.7% sedangkan tingkat kepercayaan pebisnis turun selama tiga bulan terakhir begitu juga dengan angka persetujuan pembangunan gedung baru yang turun selama 2 bulan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *