Posted by on

Harga property di London naik 10% dalam 1 bulan

Situs property Rightmove melaporkan peningkatan harga yang diminta oleh penjual property di London sebesar hampir 10% antara bulan September 2013 dan Oktober 2013. Kenaikan ini mendorong harga rata rata yang diminta oleh penjual property yang terdaftar di situs Rightmove menjadi £544,232. Angka ini menembus titik tertinggi sebelumnya yang dicapai bulan Juli 2013.

Daerah Westminster mengalami kenaikan harga tertinggi yaitu 11.9% diikuti oleh daerah Kensington, Chelsea, Hammersmith dan Fulham yang mencatat kenaikan harga permintaan sebesar 11.8% selama periode September – October 2013.

Menurut Rightmove, minat investor asing yang sangat tinggi pada beberapa lokasi di pusat kota London disaat sedang berlangsungnya ketidakpastian di Zona Eropa membuat persediaan akan tempat tinggal menjadi sangat tipis.

Menurut Council of Mortgage Lenders pada saat ini jumlah pinjaman yang diberikan untuk membeli rumah mencapai titik tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Jumlah pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan adalah indicator yang dapat memperkirakan kenaikan harga kedepan dengan sangat akurat. Kenaikan jumlah pinjaman pada saat ini sering kali berarti kenaikan harga dimasa depan. Selain itu Program Help To Buy yang dicanangkan oleh Pemerintah Inggris juga akan mulai diimplementasikan secara penuh dalam beberapa bulan kedepan. Dengan bantuan Program ini pembeli tempat tinggal hanya memerlukan uang muka yang jauh lebih kecil. Faktor ini juga di diprediksikan akan mendorong kenaikan harga lebih jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *